Perangkat Keras Jaringan Komputer


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Perangkat Keras Jaringan Komputer. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Dalam membangun sebuah jaringan komputer,diperlukan perangkat keras khusus agar jaringan tersebut nantinya dapat berjalan dengan baik. Perangkat-perangkat keras tersebut adalah NIC (Network Interface Card),Hub,Repeater,Bridge dan Router. Berikut adalah fungsi dari perangkat tersebut untuk membangun suatu jaringan


Sketsa Perangkat Keras jaringan komputer

1.NIC (Network Interface Card)
NIC merupakan perangkat penghubung yang dipasangakan pada tiap komputer. Pada umumnya,PC jaman sekarang sudah memiliki NIC yang terdapat pada mainboardnya. Jika ada PC yang tidak memiliki NIC,dapat dipasangakan pada slot ekspansi yang terdapat didalam komputer. Tanpa adanya NIC maka komputer tidak akan dapat terhubung dengan suatu jaringan. Beberapa jenis NIC yang banyak digunakan adalah Ethernet Card,Localtalk Conector,dan Token Ring Card.

2.Hub

Hub sering disebut juga dengan konsentrator. Fungsi dari hub ini adalah untuk meyatukan kabel-kabel dari setiap client,workstation,ataupun server. Hub merupakan alat yang terdiri atas beberapa port atau slot konektor yang telah memiliki nomor urut. Hub sendiri ada 2 jenis yaitu hub pasif,dan hub aktif. Hub aktif merupakan hub yang menyambungkan kabel-kabel dari berbagai client atau server yang kemudian transmisinya akan diperkuat terlebih dahulu sebelum dikirimkan. Sedangkan hub pasif adalah hub yang befungsi sebagai pemisah dan pembagi sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke network. Hub memiliki banyak pilihan dalam jumlah port,diantaranya port 8,12,24, dan 32.

3.Repeater
Repeater berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel. Jadi dengan adanya perangkat ini maka sinyal yang tadinya dikirimkan lemah akan menjadi kuat. Misalnya pada jaringan LAN,anda menggunakan kabel UTP dengan panjang kabel sepanjang 100 meter yang sangat panjang sehingga sinyal yang dikirimkan lemah,dengan adanya repeater hal tersebut dapat diatasi.

4.Bridge
Bridge memiliki fungsi sebagai pembagi sebuah jaringan sehingga menjadi 2 buah jaringan. Bridge akan mengatur informasi antara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan baik dan teratur. Kemampuan bridge lainnya adalah untuk mengoneksi network dengan tipe kabel ataupun topologi jaringan yang berbeda.

5.Router
Router memiliki fungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih,sehingga jaringan yang tadinya terpisah dapat dihubungkan menjadi satu dengan alat ini,dengan cara meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dan memberikan rute transmisi antara keduannya. Router mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain dengan cara kerja yang mirip bridge.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai perangkat keras jaringan komputer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar mengetahui perangkat keras apa saja yang digunakan pada jaringan komputer. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D


Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar