Pengertian Printer


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian Printer. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras Printer. Printer ini berguna bagi kita untuk mencetak dokumen,dan lain sebagainya. Lalu,apakah yang dimaksud dengan printer itu? Printer adalah peralatan yang digunakan untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas maupun media lainnya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Printer

A.Jenis printer berdasarkan alat mekanik

Jenis printer berdasarkan alat mekanik dibagi menjadi dua yaitu printer impact dan non-impact. Berikut adalah penjelasannya :

1.Impact
Printer jenis impact adalah printer yang proses cetaknya masih menggunakan jarum yang menghasilkan titik-titik kotak (dot matrix). Printer jenis ini menggunakan pita karbon. Printer ini secara fisik langsung bekerja dengan kertas. Ada beberapa tipe untuk printer jenis ini,yaitu matrix printer dan full character printer.

2.Non-Impact
Printer jenis Non-Impact merupakan printer yang cara bekerjanya secara mekanik yaitu penyemprotan,dan secara elektronik pada media cetaknya. Printer jenis ini diantaranya adalah laser dan ink jet.

B.Jenis-jenis printer

1.Dot Matrix

Dot matrix merupakan jenis printer yang cara cetaknya menggunakan jarum dan biasanya menggunakan pita karbon. Printer jenis ini mengeluarkan suara yang bising,sehingga menggangu pendengaran kita. Contoh dari printer jenis ini adalah : Epson LX-300 dan Epson LX-800

2.Ink Jet
Ink Jet merupakan jenis printer yang cara cetaknya menggunakan tinta dengan cara menyemprotnya dan pencetakannya sangat cepat. Ink Jet tidak menimbulkan suara yang bising. Contoh dari printer jenis ini adalah HP DeskJet dan Bubble Jet.

3.Laser Jet
Laser Jet merupakan jenis printer yang mirip dengan mesin fotokopi. Ciri-ciri dari printer ini adalah tinta yang digunakan berupa toner,mempunyai kecepatan yang tinggi,dan tidak menimbulkan suara yang bising. Proses pencetakan printer ini secara elektronik.

Pada umumnya,printer yang digunakan disekolah ataupun dirumah kamu adalah printer jenis ink jet. Printer jenis dot matrix sudah jarang ditemukan namun masih digunakan seperti di mesin kasir supermarket misalnya.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai pengertian printer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca semua mengerti mengenai pengertian printer dan jenisnya. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar