Jenis-jenis Monitor Komputer


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Jenis-jenis Monitor Komputer. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Tentu kita semua sudah tidak asing dengan yang namanya Komputer,bahkan komputer sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kita. Salah satu dari perangkat keras komputer,monitor ternyata memiliki banyak jenis,dimana semakin baru jenisnya,maka semakin canggih pula teknologi yang dipakai. Berikut ini adalah jenis-jenis dari monitor komputer yang sudah kita kenal hingga saat ini

A.Ukuran Monitor
Ukuran Monitor sangat bervariasi,ada yang sangat kecil dan ada yang sangat besar. Pada umumnya kita menggunakan Ukuran Monitor antara 14" sampai dengan 21" (" = inci).

B.Resolusi Monitor
Resolusi Monitor merupakan dimensi seberapa besar layar monitor kita akan ditampilkan. Beberapa contoh resolusi monitor adalah 1024 x 768, 1366 x 768, 800 x 600 dan lain sebagainya.  

C.Jenis-jenis Monitor

1.CGA (Color Graphic Adapter)

CGA merupakan tipe monitor standar IBM yang memiliki kualitas dengan resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna saja dalam mode grafik. Tentu,monitor jenis ini sangatlah berbeda jauh dengan monitor yang kita gunakan sehari-hari seperti sekarang ini.

2.EGA (Enhanced Graphic Adapter)

EGA merupakan tipe monitor yang memiliki kualitas diatas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafik. Sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan monitor CGA.

3.EPGA (Enhanced Professional Graphic Adapter)

Monitor EPGA sudah mampu menampilkan warna sebanyak 256 warna pada mode grafik. Monitor EPGA dikeluarkan oleh EVEREX. Monitor ini sering disebut juga sebagai PEGA (Professional Enhanced Graphic Adapter) ataupun PGA (Professional Graphic Adapter).

4.VGA (Visual Graphic Adapter)
VGA merupakan tipe monitor yang masih cukup banyak digunakan namun saat ini popularitasnnya sudah tergantikan oleh monitor-monitor yang lebih canggih seperti LCD maupun LED. Warna yang dihasilkan dalam mode grafik sudah dapat mencapai jutaan,dan tentu grafiknya tampak lebih nyata jika dibandingkan dengan jenis monitor sebelumnya.

5.LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor LCD juga lebih sering dikenal sebagai monitor layar datar dengan resolusi rendah. Monitor ini memiliki kemampuan untuk menampilkan warna hingga jutaan warna. Monitor ini memiliki berat yang ringan dan sangat mudah untuk dipindahkan. Monitor ini sudah tidak menggunakan tabung sinar katoda (Catoda Ray Tubes) sebagaimana monitor-monitor generasi sebelumnya sehingga tidak cepat panas. Monitor LCD menggunakan teknologi persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektroda transparan.

6.LED (Light Emitting Diode)

Monitor LED tidak jauh berbeda dengan monitor LCD,hanya saja kualitas yang dihasilkan oleh monitor LED sudah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan monitor jenis LCD. Keunggulan yang ditawarkan oleh monitor LED diantaranya mampu menghasilkan gambar dan warna yang lebih tajam,dan juga memiliki jumlah warna yang sangat banyak. Selain itu monitor ini juga lebih ramping jika dibandingkan dengan LCD. Namun,monitor jenis ini memiliki harga yang masih cukup mahal.

7.Plasma

Monitor plasma merupakan gabungan dari teknologi monitor CRT dan juga monitor LCD. Monitor plasma menawarkan layar yang tipis seperti LCD namun dengan sudut pandang selebar CRT. Monitor jenis ini masih relatif mahal,selain itu monitor jenis ini juga mengkonsumsi daya yang cukup besar.

8.OLED (Organic Light Emiting Diode)

OLED merupakan jenis monitor yang sangat canggih. Monitor ini menggunakan pemancar cahaya yang berasal dari lapisan organic. Gambar yang dihasilkan oleh monitor ini sangat jernih dan juga tajam,sehingga tampak seperti aslinya. Monitor OLED memiliki harga yang sangat mahal dan susah dijangkau untuk kalangan biasa.

Untuk saat ini,rata-rata jenis monitor yang dipakai oleh orang-orang adalah yang berjenis LCD dan juga LED,karena harga masih cukup terjangkau untuk kalangan biasa. Lagipula,kualitasnya tidak terlalu jauh berbeda dengan monitor setelahnya.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai jenis-jenis monitor. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian agar lebih mengetahui mengenai jenis-jenis monitor. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D




Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar