Pengertian dan Macam-macam Piramida Penduduk


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian dan Macam-macam Piramida Penduduk. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Macam-macam Piramida Penduduk
Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai Piramida Penduduk,ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan Komposisi Penduduk,hal ini dikarenakan Piramida Penduduk tidak dapat dipisahkan dari yang namanya Komposisi Penduduk.

Komposisi Penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu seperti berdasarkan umur dan jenis kelamin. Nah,jika anda sudah mengerti apa yang dimaksud dengan Komposisi Penduduk,barulah kita membahas mengenai Piramida Penduduk. Silahkan lihat penjelasan selengkapnya dibawah ini


A.Pengertian Piramida Penduduk
Komposisi Penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin dapat disajikan dalam bentuk tabel maupun dalam bentuk grafik. Piramida Penduduk adalah grafik susunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada saat tertentu yang berbentuk piramida. Jadi,sebenarnya Piramida Penduduk merupakan Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin yang disajikan dalam bentuk grafik berupa grafik batangan secara horizontal yang nantinya akan membentuk sebuah piramida.\

B.Tujuan Piramida Penduduk
Tujuan dari dibuatnya piramida penduduk ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara jumlah laki-laki dan perempuan, jumlah tenaga kerja, dan struktur penduduk dalam suatu negara secara cepat. Selain itu pembuatan Piramida Penduduk juga memiliki tujuan untuk membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan pembangunan.

C.Macam-macam Piramida Penduduk
Piramida Penduduk dapat digolongkan kedalam 3 macam. Ketiga macam itu adalah :

1.Piramida Penduduk Muda (Ekspansif)

Piramida Penduduk muda adalah piramida yang menggambarkan bahwa sebagian besar penduduknya berada pada usia muda. Biasanya Piramida Penduduk Muda terdapat di negara-negara yang sedang berkembang. Salah satu negara yang termasuk dalam Piramida Penduduk Muda adalah Indonesia. Berikut ini adalah ciri-ciri dari Piramida Penduduk Muda :

    1. Sebagian besar usia penduduk muda
    2. Jumlah penduduk tua sedikit
    3. Tingkat kelahiran tinggi
    4. Tingkat kematian tinggi
    5. Pertumbuhan penduduk tinggi

      2.Piramida Penduduk Tetap (Stasioner)

      Piramida Penduduk Tetap adalah piramida yang menggambarkan bahwa keadaan penduduk usia muda dengan usia tua memiliki komposisi yang hampir seimbang. Biasanya Piramida Penduduk Tetap terdapat di negara-negara maju. Salah satu contoh negara yang memiliki Piramida Penduduk Tetap adalah Swedia. Berikut adalah ciri-ciri dari Piramida Penduduk Tetap :

        1. Tingkat Kematian dan Kelahiran seimbang
        2. Komposisi penduduk usia muda dengan usia tua seimbang
        3. Pertumbuhan penduduk lambat

          3.Piramida Penduduk Tua (Konstruktif)

          Piramida Penduduk Tua adalah piramida yang menggambarkah bahwa keadaan penduduk usia tua lebih mendominasi dibandingkan keadaan penduduk usia muda. Biasanya Piramida Penduduk Tua terdapat di negara Industri maju seperti Amerika Serikat. Berikut ini adalah ciri-ciri Piramida Penduduk Tua :

            1. Jumlah penduduk usia tua banyak
            2. Jumlah penduduk usia muda sedikit
            3. Pertumbuhan penduduk berkurang

              Nah,itu tadi penjelasan mengenai Piramida Penduduk. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar lebih memahami mengenai Piramida Penduduk. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
              Dalam:

              Share:


              Anda Juga Bisa Baca

              Tidak ada komentar:

              Posting Komentar