Macam-macam Jaringan Komputer


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Macam-macam Jaringan Komputer. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Jaringan Komputer merupakan kumpulan komputer yang saling terhubung dan dapat membagikan sumber daya yang dimilikinya dari satu komputer ke komputer lainnya. Jaringan Komputer dapat dibedakan berdasarkan teknologi trasnmisinya,dan berdasarkan jaraknya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Jaringan Komputer
 
A.Media Jaringan Komputer
Untuk dapat membuat jaringan komputer dapat digunakan beberapa media. Berikut ini adalah beberapa media yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer :
  • Kabel
  • Telepon
  • Gelombang Radio
  • Satelit
  • Sinar Inframerah
B.Macam-macam Jaringan Komputer

1.Jaringan Komputer berdasrkan teknologi transmisi
Jaringan Komputer berdasarkan teknologi transmisi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

*Jaringan Broadcast
Jaringan jenis ini menggunakan sebuah saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama-sama dan terhubung pada semua komputer ataupun mesin. Data yang dikirim oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lain yang terhubung dalam jaringan tersebut. Mesin yang menerima data akan mengecek tujuan dari data tersebut,jika data tersebut ditujukan kepada mesin yang menerimannya,maka data akan diproses,sedangkan jika tidak/ditujukan pada mesin lain maka mesin akan mengabaikan paket tersebut.

*Jaringan Point to Point
Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang sering kali harus memiliki banyak rute karena jaraknya yang berbeda. Dalam hal pengiriman data dari satu mesin sumber ke tujuan,data harus melewati mesin perantaranya sebelum sampai ketujuan. Sehingga data akan diterima oleh semua mesin atau komputer baik itu komputer perantara ataupun komputer tujuan

Jaringan broadcast digunakan untuk jaringan yang kecil,sedangkan jaringan Point to Point digunakan untuk jaringan yang daerah cakupannya luas.

2.Jaringan Komputer berdasarkan jarak

*Local Area Network (LAN)
Jaringan ini disebut juga jaringan area lokal,yaitu jaringan yang terbatas untuk area yang kecil saja seperti rumah,perkantoran,sekolah dan lain-lain. Pada jaringan LAN,terdapat sebuah komputer yang dijadikan komputer server. Fungsi dari komputer server adalah untuk memberikan pelayanan perangkat lunak,mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. Selain adanya komputer server ada juga komputer client yaitu komputer-komputer yang diatur oleh komputer server. Pada umunya teknologi LAN menggunakan kabel sebagai mediannya. Transmisi yang digunakan adalah transmisi Broadcast. Jika anda pernah pergi ke Warnet,maka kurang lebih seperti itulah jaringan LAN.

*Metropolitan Area Network (MAN)
Cakupan dari jaringan MAN lebih luas jika dibandingkan dengan LAN. Jaringan ini menjangkau beberapa wilayah dalam satu provinsi,selain itu MAN juga menghubungkan antara jaringan LAN ke area yang lebih besar. Teknologi MAN mampu mendukung data dan suara dan dapat juga berhubungan dengan jaringan televisi kabel. Transmisi yang biasanya digunakan oleh MAN adalah transmisi Point to Point.

*Wide Area Network (WAN)
Jaringan ini cakupannya sangat luas,bukan sekedar antar provinsi bahkan jaringan WAN juga mencakup jaringan antar-negara. Jaringan WAN dapat menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya dengan media satelit ataupun kabel bawah laut. Komunikasi dan Transformasi data dapat dilakukan beberapa menit oleh komputer dari beberapa negara atau wilayah dengan menggunakan perangkat mesin atau komputer yang disebut host. Transmisi yang digunakan oleh WAN adalah transmisi point to point.

Semakin besar jarak dan jangkauan yang dapat dicapai suatu jaringan maka semakin terbatas pula kecepatan transfer data,dimana akan semakin kecil kecepatan transfernya jika jangkaunnya lebih luas.

Jika diibaratkan dengan wilayah,maka LAN adalah rumah,sedangkan MAN adalah kota ke kota dan WAN adalah negara ke negara.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai macam-macam jaringan komputer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian agar lebih memahami mengenai macam-macam jaringan komputer. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar