Hukum Gossen 1 dan Hukum Gossen 2


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Hukum Gossen 1 dan Hukum Gossen 2. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Hermann Heinrich Gossen
Hukum Gossen merupakan hukum yang dicetuskan oleh Hermann Heinrich Gossen yang merupakan seorang ahli ekonomi berkebangsaan Jerman. Hukum ini merupakan hasil penelitian dari Nilai guna total (total utility) dan Nilai guna marginal (Marginal utility). Hukum Gossen 1 sering disebut juga dengan Hukum guna vertikal,karena hanya membahas pemuasan satu jenis barang saja. Sedangkan Hukum Gossen 2 sering disebut juga dengan Hukum guna Horizontal,karena yang dibahas adalah pemuasan macam-macam barang. Berikut adalah bunyi dari Hukum Gossen 1 dan 2.

A.Hukum Gossen 1
Hukum Gossen 1 berbunyi "Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu jenis barang dilakukan secara terus-menerus,maka rasa nikmatnya yang mula-mula tinggi,semakin lama kenikmatan tersebut akan semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh". Agar anda dapat lebih paham mengenai hukum ini,berikut adalah contohnya :

"Jika anda menyukai makanan ayam goreng,jika anda hanya menikmati sekali tentu rasa puas anda akan sangat tinggi. Namun,suatu hari ayah anda mengajak ke restoran ayam goreng lalu memperbolehkan kamu memakan ayam goreng sepuas-puasnya,memang pada awalnya kita akan merasakan kenikmatan yang luar biasa,namun lama kelamaan kita akan merasa muak dengan makanan ayam goreng tersebut"

Jadi,pada awalnya kita puas mengkonsumsi barang,namun jika dilakukan secara terus menerus maka lama-kelaman kita akan menganggap barang tersebut tidak menarik lagi.

B.Hukum Gossen 2
Hukum Gossen 2 berbunyi "Konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa,sehingga nilai guna marginal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama". Karena pendapatan yang terbatas,maka pemenuhan kebutuhan akan didasarkan pada intensitasnya,dimana kebutuhan primer harus terpenuhi terlebih dahulu baru bisa memenuhi kebutuhan sekunder,begitu seterusnya.

Dengan menggunakan pendekatan kardinal,kepuasan maksimum yang akan dicapai oleh konsumen secara matematis dapat ditunjukkan dengan persamaan :

Untuk konsumsi dua jenis barang dengan harga yang berbeda,rumus kepuasan maksimum adalah :

Nah,itu tadi penjelasan mengenai Hukum Gossen 1 dan Hukum Gossen 2. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan pembaca sekalian,terutama mengenai Hukum Gossen. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D

Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar